Senin, 23 April 2012

Mahasiswa menurut Opini Penulis

Kata mahasiswa berasal dari kata maha yang artinya besar, dan siswa yang artinya orang yang menempuh kegiatan studi. Dari sini penulis beropini bahwa mahasiswa berarti orang yang menempuh kegiatan studi yang dapat mengurusi segala aspek kehidupan kampus dengan mandiri dan tanggung jawab.

Mahasiswa yang ada dalam bayangan penulis seharusnya produktif, baik dalam pemikiran maupun tindakan. Artinya tidak boleh ada mahasiswa yang menganggur. Penulis berpendapat, kebiasaan menganggur itulah yang menyebabkan terjadinya perbuatan penyimpangan, seperti seks bebas, mencuri, merusak sarana dan prasarana kampus, dll.

Saya kurang setuju mengenai mahasiswa yang maunya hanya dituntun, ini tidak baik untuk kedepannya. Bagaimana mahasiswa mampu berguna di kehidupan masyarakat, apabila kebiasaan maunya hanya dituntun ini terus dipelihara. Mahasiswa dituntut mampu untuk berbuat banyak demi perubahan di kehidupan masyarakat.

Ada banyak cara bagi mahasiswa untuk belajar meningkatkan produktivitas. Produktivitas itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu produktivitas di bidang akademik maupun produktivitas di bidang non akademik. Penulis sendiri sebagai mahasiswa yang tidak mau menganggur, berusaha melibatkan diri dalam unit kegiatan mahasiswa penulis (UKMP) di UM. Itu hanyalah contoh sederhananya saja. Intinya, bagaimana ketika kita sudah menjadi mahasiswa itu adalah kita tidak menganggur dan bagaimana kita dapat berguna bagi orang lain dengan tidak meninggalkan prestasi di bidang akademik. Sekian..    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar