Minggu, 22 April 2012

Sikap yang Baik dalam Menghadapi Kehidupan


Kehidupan di dunia ini bagaikan filosofi sebuah roda yang terus berputar. Kadang kita berada diatas kadang juga kita berada dibawah. Kehidupan ini tidak selamanya berpihak pada diri kita, seringkali penulis merasakan bahwa saya harus memahami orang lain jika saya mau dipahami orang lain. Cukup adil sih sebenarnya. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah, seberapa siapkah kita untuk mengalah demi orang lain? Padahal belum tentu orang lain mau mengalah demi diri kita sendiri. Inilah permasalahan hidup.

Dalam kehidupan di dunia ini terdapat hukum, man jadda wa jada. Apakah itu? Man jadda wa jada adalah ungkapan yang berasal dari bahasa arab, yang artinya siapa yang menanam, maka dialah yang akan memanen. Inilah hukum kehidupan yang adil menurut penulis. Ada usaha pasti ada hasil. Ada perjuangan pasti ada kemenangan. Inilah yang diajarkan dalam agama Islam.

Akhirnya, penulis berpendapat bahwa kehidupan ini sebaiknya disikapi dengan sikap “nothing to lose”. Kalahpun tak apa, yang penting dalam kehidupan ini adalah proses. Masalah menang dan kalah serahkan semua pada Allah Swt. Biar yang diatas yang menentukan. Penulis juga menambahkan, kita sebaiknya jangan menyerah sebelum berperang. Tak ada salahnya kita mencoba hal yang baru, meski kita akan kikuk pada awalnya. Terima kasih..

(Karangan ini hanya setetes dari luasnya samudera ilmu pengetahuan. Oleh karena itu, penulis mengajak kepada pembaca yang budiman agar menambahkan apa-apa yang kurang dari karangan saya. Terima kasih.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar