Sabtu, 07 April 2012

Mendengar untuk Memahami Lawan Bicara

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti setiap orang melakukan interaksi sosial dengan lawan bicara. Tentu saja menjadi hal yang lumrah ketika dalam proses interaksi tersebut terdapat pengertian yang didapat dengan cara memahami maupun dipahami lawan bicara. Sebagai usaha untuk memahami, kita harus mendengar perkataan lawan bicara kita. Itu bertujuan memudahkan kita menyerap informasi yang keluar dari mulut lawan bicara.

Ada beberapa (mungkin) lawan bicara anda yang memang membutuhkan anda untuk memberikan hiburan. Misalnya dengan cara bercanda maupun bersenda gurau. Pada dasarnya ini positif, tetapi ini harus ditempatkan sesuai waktu dan tempat. Misalnya saja di kantin ketika waktu istirahat. Anda pun seharusnya dapat memberi dia umpan balik (feedback), agar pembicaraan tidak terasa hambar dan biasa saja. 

Sementara jika lawan bicara menceritakan masalahnya, usahakan bicaralah yang penting saja. Beri dia pengertian bahwa hidup ini pasti akan diberi kemudahan oleh Allah SWT. dibalik masalah yang menderanya.
Hibur dia dan beri solusi sesuai yang ada di pemikiran anda. Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar