Sabtu, 07 April 2012

Mengambil Keputusan dengan Konsep “Jemput Bola”

Jemput bola. Apa yang terpikirkan oleh anda ketika mendengar kata diatas? Yups, menurut opini saya, jemput bola adalah konsep yang banyak orang sukses terapkan untuk mengambil keputusan. Intinya adalah konsep jemput bola berarti berusaha mengambil kesempatan yang ada  dan tidak menggantungkan diri pada orang lain.
Nah, sekarang akan saya paparkan apa saja sih keunggulan pengambilan keputusan dengan konsep jemput bola, berikut penjelasannya:
1.      Kita tidak menggantungkan diri pada orang lain tentang bagaimana kita mengambil keputusan. Memang, saran dari orang lain kita butuhkan, namun sebagai pelaksana keputusan, kita sendirilah yang seharusnya mengeksekusi keputusan tersebut. Orang lain hanya berperan sebagai penasihat maupun pemberi masukan.  
2.      Memiliki daya saing terhadap rekan kerja kita. Maksudnya adalah paling tidak kita bisa mengimbangi produktivitas orang yang bekerja disekitar kita. Menggunkan konsep jemput bola berarti harus siap berkorban untuk melayani dan memutuskan dengan cepat, cermat, dan tepat apa yang akan kita kerjakan. Oleh karena aktivitas melayani itulah kita menggunakan waktu yang ada untuk bekerja. Sehingga kita dapat mengimbangi maupun menyaingi produktivitas rekan kerja kita.
3.      Mengasah pikiran agar terus fokus dan peka terhadap permasalahan yang terjadi disekitar kita. Tak dapat dipungkiri, banyak permasalahan yang menghampiri setiap orang yang produktif bekerja. Ketika kita menggunakan konsep jemput bola, maka kita akan terangsang dan peka terhadap setiap permasalahan yang menghampiri. Hasilnya permasalahan tersebut berhasil kita atasi dengan cepat dan tidak membuang banyak waktu. Orang seperti inilah yang banyak dibutuhkan untuk terjun di masyarakat.
Ada banyak sekali sebenarnya keunggulan pengambilan keputusan dengan konsep jemput bola, namun penulis hanya mampu membagi ini saja yang penulis ketahui. Mungkin di lain waktu penulis dapat memberi tambahan informasi. Sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya. Sekian.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar