Jumat, 06 April 2012

Waspada Bahaya Plagiat dalam Menulis

Setiap mahasiswa pasti pernah mendapat tugas karya tulis, baik itu berupa makalah, artikel, maupun tugas tertulis. Untuk memenuhi tugas dari dosen, mahasiswa sering menggunakan referensi dari buku maupun internet.
Ketika menulis di tugas tersebut, seringkali mahasiswa tidak mencantumkan sumber ketika mengutip pendapat maupun meng copy-paste tulisan yang didapat dari internet. Itulah yang disebut sebagai karya plagiat. Sebagai dampaknya, banyak mahasiswa yang langsung "disemprot" oleh dosen, ketika dosen membaca/ mengkoreksi tugas mahasiswa.

Nah, kejadian diatas tampaknya sepele, namun jika tidak ada niat dan usaha untuk menghilangkan kebiasaan plagiat, maka kebiasaan plagiat akan menjadi pola pikir yang buruk bagi mahasiswa. Kita sebagai mahasiswa yang bijak, tentunya harus menghargai karya tulis orang lain. Setidaknya jika kita mengutip pendapat maupun tulisan, tolonglah sebutkan sumbernya. Sehingga setiap orang yang mau menulis merasa aman dari gangguan plagiator-plagiator tidak bertanggung jawab. Sedikit dari saya, semoga tulisan ini dapat memotivasi kita untuk terus berkarya dalam bentuk tulisan dan menghindari sifat plagiat dalam menulis. Sekian, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar